4 GOLONGAN MANUSIA


4 GOLONGAN MANUSIA



Dengan ini saya sampaikan informasi yang saya dapatkan, yaitu perihal 4 Golongan Manusia.
“Sesungguhnya dunia diberikan untuk 4 orang :

1.      #Seorang hamba yang Allah berikan ilmu dan harta, kemudian dia bertaqwa kepada Allah dalam hartanya, dengannya ia menyambung sila-turahmi, dan mengetahui hak Allah di dalamnya. #Orang tersebut kedudukannya paling baik (di sisi Allah).



2.      #Seorang hamba yang Allah berikan ilmu namun tidak diberikan harta, dengan niatnya yang jujur ia berkata, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan. #Ia dengan niatnya itu, maka pahala keduanya sama.


3.      #Seorang hamba yang Allah berikan harta namun tidak diberikan ilmu. #Lalu ia tidak dapat mengatur hartanya, tidak bertaqwa kepada Allah dalam hartanya, tidak menyambung silaturahmi dengannya, dan tidak mengetahui hak Allah di dalamnya. #Kedudukan orang tersebut adalah yang paling jelek (di sisi Allah).



4.      #Seorang hamba yang tidak Allah berikan harta tidak juga ilmu, ia berkata, ‘Seandainya aku memiliki harta, aku pasti mengerjakan seperti apa yang dikerjakan si fulan. Ia berniat seperti itu dan #keduanya sama dalam mendapatkan dosa.



(Ahmad (IV/230-231), at-Tirmidzi (no. 2325), dan Ibnu Majah (no. 4228)

Nabi  Muhammad SAW. membagi penghuni dunia menjadi 4 golongan manusia. Golongan yang terbaik di antara mereka adalah orang yang diberikan ilmu dan harta; ia berbuat baik kepada manusia dan dirinya sendiri dengan ilmu dan hartanya tersebut. Mudah-mudahan kita semua berusaha untuk masuk dalam penggolongan ini, aamiin.



#Menuntut Ilmu Akan Membawa Kepada Kebersihan Hati, Kemuliaannya, Kehidupannya, Dan Cahayanya.

#Sesungguhnya hati manusia akan menjadi lebih bersih dan mulia dengan mendapatkan ilmu syar’i dan itulah kesempurnaan diri dan kemuliaannya. #Orang yang menuntut ilmu akan bertambah rasa takut dan taqwanya kepada Allah. #Hal ini berbeda dengan orang yang disibukkan oleh harta dan dunia, padahal harta tidak membersihkan dirinya, tidak menambah sifat kesempurnaan dirinya, yang ada hatinya akan menjadi tamak, rakus, dan kikir.


#Orang Yang Menuntut Ilmu, akan dido’akan oleh Rasulullah Shallallaahu ‘Alaihi Wa Sallam.
#Rasulullah shallallaahu ‘alaihi wa sallam mendo’akan orang-orang yang mendengarkan sabda beliau dan memahaminya dengan keindahan dan berserinya wajah. Beliau shallallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

#Semoga Allah memberikan cahaya pada wajah orang yang mendengarkan sebuah hadits dari kami, lalu menghafalkannya dan menyampaikannya kepada orang lain. #Banyak orang yang membawa fiqih namun ia tidak memahami. #Dan banyak orang yang menerangkan fiqih kepada orang yang lebih faham darinya. Ada tiga hal yang dengannya hati seorang muslim akan bersih (dari khianat, dengki dan keserakahan), yaitu :

1.      Melakukan sesuatu dengan ikhlas karena Allah,

2.      Menasihati ulil amri (penguasa),

3.      #Berpegang teguh pada jama’ah kaum Muslimin, karena do’a mereka meliputi orang-orang yang berada di belakang mereka.

#Rasul Allah bersabda : Barangsiapa yang keinginannya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan kekuatannya, menjadikan kekayaan di hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina. #Namun barangsiapa yang niatnya mencari dunia, Allah akan mencerai-beraikan urusan dunianya, menjadikan kefakiran di kedua pelupuk matanya, dan ia mendapat dunia menurut apa yang telah ditetapkan baginya.
Ahmad (V/183), ad-Darimi (I/75), Ibnu Hibban (no. 72, 73-Mawaarid)


Demikian sharing dari saya perihal 4 Golongan Manusia , semoga bermanfaat.











Comments

Popular posts from this blog

Grup/Kelompok/Golongan Manusia/Orang

Jual Rumah di Sawangan Depok

Universitas Yang Tidak Diakui-2